DISPENDUKCAPIL GO DIGITAL

  11 September 2020  |  DESA SUMBERMULYO

Banyuwangi telah ditetapkan sebagai “Kabupaten Terinovatif” oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Banyak inovasi yang diciptakan, termasuk di layanan administrasi kependudukan. Untuk itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi menggelar sosialisasi inovasi layanan administrasi kependudukan (adminduk) online ke Camat, Kepala Desa, Danramil, Kapolsek, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya, yang bertajuk Sosialisasi Inovasi Dukcapil New Branding Adminduk, di Banyuwangi.

Dari sosialisasi ini diharapkan nantinya para stakeholder ini bisa menyosialisasikan pada masyarakat, terutama di desa-desa. “Saya minta pak pendeta, bedande, ustad, kapolsek, dan tokoh masyarakat yang lain untuk ikut mensosialisasikan hal ini kepada umat dan warganya. Sehingga masyarakat paham dan bisa menikmati layanan pengurusan adminduk online ini,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas mengatakan saat ini pengurusan adminduk di Banyuwangi kini semakin mudah. Salah satunya lewat program Smart Kampung, yang memacu masuknya teknologi informasi dan komunikasi ke desa-desa di Banyuwangi. Walhasil, layanan adminduk yang telah berbasis teknologi, membuat urusan diselesaikan cukup di tingkat desa. “Saat ini, semua desa di Banyuwangi telah teraliri fiber optik. Sehingga mendorong pelayanan adminduk sudah mulai dialihkan ke desa untuk efisiensi pengurusan," kata Anas.

Dalam kegiatan ini disosialisasikan berbagai inovasi dukcapil di Banyuwangi yang dilakukan secara daring, yang telah terintegrasi dengan program Kemendagri. Antara lain tanda tangan elektronik (TTE), Kertas putih (HVS), dan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Kepala Dinas Dispendukcapil Banyuwangi, Djuang Pribadi menjelaskan, pengurusan adminduk secara online ini melayani 13 jenis surat/dokumen kependudukan.

Sumber Narasi: banyuwangikab.go.id 

Contact Details

  Alamat :   Jalan Sukomade No. 196
  Email : pemerintahdesasumbermulyo@gmail.com
  Telp. : +6285 3341 1638 8 (KAUR PEMERINTAHAN)
  Instagram : pemdessumbermulyo
  Facebook : Pemdes Sumbermulyo
  Twitter : @pemdessbrmulyo


© 2021,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi